Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

Hal-hal yang Dapat Mencemari Sungai dan Cara Mencegah Kerusakan Sumber Daya Alam

Hal-hal yang Dapat Mencemari Sungai dan Cara Mencegah Kerusakan Sumber Daya Alam
Hal-hal yang Dapat Mencemari Sungai dan Cara Mencegah Kerusakan Sumber Daya Alam

Hal-hal yang Dapat Mencemari Sungai dan Cara Mencegah Kerusakan Sumber Daya Alam, Sungai sebagai sumber daya alam harus kita jaga agar tidak mengalami kerusakan. Terlebih di masa sekarang, seiring populasi manusa yang terus meningkat begitu banyak hal-hal yang dapat mencemari sungai.

Padahal pencemaran sungai memberi dampak negatif bagi manusia. Nah untuk itulah kita perlu tahu apa saja hal-hal yang dapat mencemari sungai, dampak pencemaran sungai hingga cara mencegah kerusakan sumber daya alam.

Nah, di bawah ini persoalan di atas Galeri Ilmu sajikan dalam bentuk tanya jawab. Tanya jawab ini tema besarnya adalah menjaga keseimbangan dan kelestarian sumber daya alam. Ini merupakan pembahasan pelajaran IPA pada Bupena 4B lebih tepatnya soal muatan IPA di Bupena 4B halaman 12.

Tanya Jawab Soal Hal yang Mencemari Sungai

Tuliskan hal-hal yang dapat mencemari sungai!

Yang dapat mencemari sungai adalah limbah dari industri dan sampah yang dibuang ke sungai, limbah deterjen bekas mencuci pakaian dan pestisida, racun untuk menangkap ikan. Di beberapa daerah bahkan penambangan emas liar juga mencemari dan merusak sungai.

Tuliskan tiga dampak pencemaran sungai bagi manusia!

Air sungai menjadi keruh, sungai berubah menjadi hitam, sungai mengeluarkan aroma yang tidak sedap, terjadi eutrofikasi (berlebihnya kadar zat kimia dalam air) sehingga air tidak layak dikonsumsi.

Bagaimana cara mencegah kerusakan sumber daya alam akibat pencemaran sungai?

Cara mencegah kerusakan sumber daya alam akibat pencemaran sungai yaitu dengan tidak membuang sampah makanan, sampah plastik, limbah deterjen, dan limbah pabrik ke sungai. Tidak menggunakan bahan peledak atau racun untuk menangkap ikan di sungai, dan melakukan kegiatan pembersihan dan pemeliharaan tumbuhan di sekitar sungai secara berkala.

Ciri-ciri sungai yang tercemar adalah terjadinya eutrofikasi. Apa penyebab sungai mengalami eutrofikasi?

Eutrofikasi disebabkan oleh adanya penumpukan zat kimia (fosfat) yang berasal dari limbah deterjen, pestisida, dan limbah pabrik.

Cara pemulihannya adalah dengan  melakukan pengolahan limbah cair yang mengandung zat kimia berbahaya, melakukan pengerukan, dan penetralan zat kimia di air.

Nah kawan-kawan Galeri Ilmusemua, itu beberapa hal mendasar megenai bagaimana kita menjaga sumber daya alam di ligkungan sekitar kita.

Di daerah kalian tentu ada sungai bukan? Mari kita jaga dengan tida melakukan hal-hal yang dapat mencemari sungai.

Sekian dulu pembahasan soal ayo berlatih Bupena 4B halaman 12. Jumpa lagi pada artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat. (*)  Baca Juga Bank Soal Pendidikan beserta Kunci Jawaban lainya Disini

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang Dapat Mencemari Sungai dan Cara Mencegah Kerusakan Sumber Daya Alam"