Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

Pengertian dan Contoh Lagu Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor

Pengertian dan Contoh Lagu Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor
Pengertian dan Contoh Lagu Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor

Pengertian dan Contoh Lagu Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor, Pada pembahasan yang lalu, kita sudah belajar lagu daerah di Indonesia beserta jenis tangga nadanya. Sekarang kita akan mempelajari pengertian tangga nada mayor dan tangga nada minor.

Tangga nada mayor dan tangga nada minor memilik ciri-ciri tersendiri. Oh iya, ingat bahwa nada adalah kumpulan not musik yang diurutkan berdasarkan nada rendah hingga tinggi. Tangga nada atau diatonis terdiri dari nada Do Re Mi Fa Sol La Si.

Tangga nada mayor adalah tangga nada diatonis yang memiliki jarak nada atau interval 1-1-½-1-1-1-½. Sedangkan tangga nada minor adalah salah satu tangga nada diatonik yang tersusun oleh delapan not. Interval antara not yang berurutan dalam tangga nada minor (asli) adalah: 1, 1/2, 1, 1, 1/2, 1,1. Mudahnya, tangga nada mayor terdiri dari nada Do Re Mi Fa Sol La Si Do.

Kini, kita akan menjawab soal yang ada di Bupena 5B halaman 7 pendamping pembelajaran 2 Latihan SBdP.

Jawaban Soal Ayo Berlatih Bupena 5B Halaman 7

1. Apa perbedaan antara lagu bertangga nada mayor dan minor?

Nah, pertanyaan ini sama juga dengan menyebutkan ciri-ciri tangga nada mayor dan ciri tangga nada minor.

Lagu bertangga nada mayor dinyanyikan dengan riang gembira dan penuh semangat, biasanya memilik nada do = C pada awal dan akhir , serta memiliki pola interval 1 – 1– ½ – 1 – 1 – 1 – ½. Sedangkan lagu bertangga nada minor dinyanyikan dengan khidmat dan bersifat sedih, biasanya diawali dan diakhiri dengan nada la = A, serta memiliki pola interval 1 – ½ – 1 – 1 – ½ – 1 – 1.

SIMAK PEMBAHASAN ESPS KELAS 5

2. Sebutkan tiga contoh lagu bertangga nada mayor!

Hari Merdeka, Gundul-Gundul Pacul, dan Naik Becak. Contoh daftar lagu daerah dengan tangga nada mayor: Yamko Rambe Yamko, Anak Kambing Saya, Ampar-Ampar Pisang, Kampuang Nan Jaoh di Mato.

3. Sebutkan contoh lagu bertangga nada minor! Mengheningkan Cipta, Bolelebo, dan Gugur Bunga.

Nah, kawan-kawan Galeri Ilmudemikian pembahasan kita mengenai pengertian dan ciri tangga nada mayor dan tangga nada minor. Silakan tinggalkan komentar dan jangan lupa share ke teman kalian. Semoga bermanfaat. (*)  Baca Juga Bank Soal Pendidikan beserta Kunci Jawaban lainya Disini

Yuks, belajar matematika di video ini!

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Contoh Lagu Tangga Nada Mayor dan Tangga Nada Minor"