Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

Proses Terjadinya Globalisasi dan Pendapat Ahli Mengenai Globalisasi

Proses Terjadinya Globalisasi dan Pendapat Ahli Mengenai Globalisasi
Proses Terjadinya Globalisasi dan Pendapat Ahli Mengenai Globalisasi

Proses Terjadinya Globalisasi dan Pendapat Ahli Mengenai Globalisasi, Kita sangat sering mendengar kata globalisasi. Tapi apa sesungguhnya pengertian globalisasi menurut para ahli, lalu bagaimana proses terjadinya globalisasi?

Oke kawan Galeri Ilmu, kita akan membahas proses dan pengertian globalisasi.

Mengutip kompas.com, globalisasi terjadi karena kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di berbagai bidang. Proses globalisasi diawali dengan hubungan perdagangan antarbangsa, demikian penjelasan dalam buku Pengantar Ringkas Sosiologi: Pemahaman, Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial (Teori, Aplikasi, dan Pemecahannya).

Ketika Negara-negara yang ada menyadari bahwa ada kebutuhan yang tidak dapat mereka penuhi dengan sumber daya yang dimilikinya, saat itulah negara-negara di dunia saling berhubungan untuk bekerja sama di bidang perdagangan.

Mengutip Suara, proses terjadinya globalisasi dibagi menjadi empat tahap. Pertama adalah masa manusia telah mengenal perdagangan lintas negara atau perdagangan internasional. Kedua, proses terjadinya penyebaran agama yang biasanya terjadi berbarengan dengan proses perdagangan, meskipun tidak selalu.

Ketiga, adalah tahap perkembangan industri dan teknologi, yang membuat segala urusan jadi lebih mudah, berkat penemuan di bidang teknologi. Dan tahap keempat proses terjadinya globaliasai adalah perkembangan pasar bebas, jual beli tak terbatas negara dan jarak.

Pengertian Globalisasi Menurut Para Pakar

Beberapa ahli memperkirakan bahwa globalisasi telah terjadi di akhir abad ke-19 serta awal abad ke-20. Mengutip pendapat Patta Rapanna dan Yana Fajriah secara bahasa, globalisasi berasal dari kata global dan sasi. Global berarti mendunia, sedangkan sasi adalah proses. Sehingga globalisasi bisa kita artikan  sebagai proses suatu hal yang mendunia.

Selo Soemardjan, sosiolog ternama dari Indonesia mendefinisikan  globalisasi adalah terbentuknya sebuah komunikasi dan organisasi di antara masyarakat satu dengan yang lainnya yang berbeda di seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah baru yang sama.

Fakta-fakta Mengenai Ensiklopedia Tertua di Dunia

Adapun Anthony Giddens berpendapat globalisasi adalah semua hal yang terjadi yakni hubungan sosial akhirnya menjadi intens antarpenduduk di dunia ini.

Demikian kawan-kawan Galeri Ilmupembahasan proses globalisasi serta pengertiannya menurut para ahli.

Semoga bermanfaat. (*)  Baca Juga Bank Soal Pendidikan beserta Kunci Jawaban lainya Disini

Posting Komentar untuk "Proses Terjadinya Globalisasi dan Pendapat Ahli Mengenai Globalisasi"