Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat, Tanya Jawab Soal GAP Kelas 4

Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat, Tanya Jawab Soal GAP Kelas 4

Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat, Tanya Jawab Soal GAP Kelas 4, Bagaimana caranya melakukan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat? Nah, materi matematika ini akan kalian temuai pada pelajaran 4 kelas 4 mengenai pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat.

Kita akan membahas soal-soal yang berkaitan dengan pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat. Soal yang Galeri Ilmu ambil adalah soal pada di buku GAP Matematika kelas 4 halaman 68.

Sebelum itu, Galeri Ilmu kutipkan rangkuman yang ada di buku GAP kelas 4 tersebut. Berikut rangkumannya.

Alat ukur yang biasa digunakan adalah penggaris. Adapun alat ukur yang lain yaitu meteran rol keci, meteran pita, meteran rol besar.

Lalu untuk mengukur berat kita menggunakan timbangan. Timbangan ini memiliki beberapa jenis antara lain; timbangan badan, timbangan buah, neraca, timbangan digital. Perlu kita ketahui dalam hasil pengukuran panjang dapat dibulatkan ke cm terdekat, demikian pula dengan pengukuran berat, kita dapat membulatkan ke kg terdekat.

Kunci Jawaban Soal Pelajaran 4 GAP Kelas 4 Halaman 68

Sekarang kita mulai tanya jawab soal yang ada di buku GAP Matematika kelas 4 halaman 68 mengenai pembulatan hasil pengukuran panjang dan berat.

1. Berat 4 durian kira kira 11,8 kg. Berapa kg kira-kira berat satu buah durian? Maka, seperti rangkuman di atas kita bulatkan 11,8 kg menjadi 12 kilogram. Sehingga hitungannya menjadi 12:4=3 kg.

2. Berat badan Mita 32,3 kg. Berat badan ayah 64,7 kg. Berapa kg selisih berat badan mereka setelah dibulatkan ke satuan terdekat?

Berat bada ayah kita bulatkan menjadi 65 kg. Sedangkan berat badan Mita menjadi 33 kg. Maka hasilnya adalah 65-82 = 33 kg.

3. Mita mempunyai pita merah sepanjang 75 cm lebih 8 mm dan pita biru sepanjang 68 cm lebih 4 mm. Berapa cm kira-kira panjang seluruh pita Mita setelah dibulatkan ke cm terdekat?

= 76 + 68

= 144 cm

4. Berat 3 buah semangka dengan ukuran yang kurang lebih sama adalah 8,75 kg. Berapa kg kira-kira berat sebuah semangka tersebut?

Untuk menjawabnya, masih seperti di atas kita bulatkan ke satuan terdekat sesuai materi yang sedang kita pelajari. Maka, 9:3 = 3 kg.

5. Panjang tongkat A 125,6 cm. Tongkat B lebih panjang 34 cm dari tongkat A. Berapa cm kira-kira panjang tongkat B setelah panjang tongkat A dibulatkan ke satuan terdekat?

A = 126 cm

B: 126 + 34 = 160cm

Nah kawan-kawan semua, demikian tanya jawab soal matematika di GAP kelas 4 halaman 68. Kalian juga bisa menyaksikan video pembahasan soal ini pada link di ini.

Oke selamat belajar, jika ada pertanyaan dan apa yang perlu dibahas di Galeri Ilmu silakan tulis komentar. Semoga bermanfaat. (*)

Posting Komentar untuk "Pembulatan Hasil Pengukuran Panjang dan Berat, Tanya Jawab Soal GAP Kelas 4"