Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

13 Cara Menghibur Teman Yang Sedang Kacau

Menghibur teman yang sedang kacau bisa jadi rumit. Ketika Anda mencoba menawarkan hiburan, Anda mungkin merasa seolah terus mengatakan sesuatu yang salah dan membuat semuanya lebih buruk. Jadi, bagaimana cara menghibur teman yang sedang kacau, dan membuat mereka lebih baik? Ikuti saja langkah-langkah berikut.

Menjadi Simpatik

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Beri teman Anda perhatian. 99% kemungkinan teman Anda akan menyukai pelukan, lengan yang melingkari bahunya, atau tepukan lembut di tangan. Kebanyakan orang menyukai perhatian, dan itu membuat mereka merasa nyaman dan tidak sendirian. Apabila teman Anda sangat kacau sehingga menolak untuk disentuh, itu kasus khusus, tetapi Anda hampir selalu bisa memulai dengan memberi teman Anda perhatian. Dia mungkin terlalu kacau untuk langsung bicara, dan gerakan kecil ini bisa berguna untuk membuat teman Anda merasa tidak sendirian.

Rasakan. Bila Anda menyentuhnya, dan dia bergerak lebih dekat pada Anda dan bukan menjauh, maka Anda melakukan hal yang benar.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Dengarkan saja. Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menawarkan telinga yang siap mendengarkan. Buat kontak mata, mengangguk sesekali, dan buat komentar saat dibutuhkan ketika teman Anda bicara, tetapi sebagian besar, biarkan dia mengekspresikan diri dan mengeluarkan semua dari dadanya. Ini bukan saatnya memberi pendapat atau bicara banyak. Ini waktunya membiarkan teman Anda menjelaskan semua yang mengganggunya sehingga Anda bisa lebih memahami situasi. Beberapa masalah tidak bisa diselesaikan, tetapi masalah itu tidak akan terlalu tragis bila ada seseorang yang mendengarkan kesulitan tersebut.

Bila teman Anda tidak bicara banyak, Anda bisa berkata, “Apa kamu ingin bicara?” Kemudian Anda harus membaca situasi. Entah dia ingin bicara dan membutuhkan sedikit dorongan, atau dia terlalu kacau sehingga belum siap bicara, dan yang perlu Anda lakukan adalah ada untuknya.

Anda bisa membuat sedikit komentar seperti, “Itu pasti berat sekali.” atau “Aku tidak bisa membayangkan apa yang kamu alami…” tetapi jangan berlebihan.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Buat teman Anda semakin nyaman. Mungkin dia menggigil di tengah hujan. Suruh masuk dan beri selimut. Mungkin dia sudah menangis sejam penuh. Beri tisu dan mungkin Advil. Mungkin dia memberitahu Anda betapa kacaunya dia sambil berdiri dan membawa ransel berat. Suruh dia duduk. Bila dia agak marah, beri teh chamomile. Bila dia terjaga sepanjang malam merasa khawatir, suruh dia naik ke tempat tidur. Anda pasti punya ide.

Teman Anda mungkin sangat kacau sehingga dia tidak memerhatikan kesehatan atau kenyamanannya sendiri. Di situlah Anda bisa masuk.

Jangan berpikir bahwa teman Anda akan merasa lebih baik bila Anda membuka botol anggur atau membawa enam kaleng minuman. Alkohol TIDAK PERNAH menjadi solusi bagi teman yang sedang kacau. Ingat, ini adalah depresan.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Jangan mengecilkan masalahnya. Teman Anda mungkin kacau karena berbagai alasan. Alasan serius: dia baru mengetahui bahwa neneknya masuk rumah sakit. Alasan yang tidak begitu serius: dia baru putus dari hubungan yang berlangsung enam minggu. Tetap saja, walaupun Anda tahu apa itu, secara obyektif, teman Anda akan melaluinya dengan cepat dan itu bukan masalah besar, ini bukan saatnya menempatkan semua dalam perspektif, kecuali bila Anda ingin ditendang menjauh.

Pertama, Anda harus menerima masalah teman Anda dengan serius. Jika dia menangisi putusnya hubungan singkat untuk waktu yang sangat lama, maka Anda bisa mengatasinya nanti.

Hindari memberi komentar seperti, “Ini bukan akhir dunia.”, “Kamu akan melupakannya.” atau “Sebenarnya ini bukan masalah besar.” Teman Anda jelas-jelas sedang kacau, jadi itu memang masalah besar untuknya.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Jangan menawarkan saran yang tidak diminta. Ini hal lain yang harus dihindari bagaimana pun caranya. Kecuali bila dia berpaling pada Anda dan mengatakan, “Menurutmu apa yang harus kulakukan?” Anda tidak boleh melompat masuk dan memberitahu lima hal yang harus dilakukan, menurut pendapat Anda. Ini akan terkesan merendahkan, dan seperti yang Anda pikir masalahnya bisa diselesaikan dengan mudah. Kecuali bila dia menatap Anda dengan mata anak kelinci, mengatakan, “Aku tidak tahu apa yang harus kulakukan…” beri waktu sebelum Anda menawarkan saran apa pun.

Anda bisa mengatakan sesuatu yang sederhana seperti, “Kamu harus istirahat.” atau “Minumlah teh chamomile dan kamu akan merasa lebih baik.” untuk memberi dia kenyamanan kecil, tetapi jangan mengatakan hal-hal seperti, “Menurutku kamu harus menelepon dia sekarang dan selesaikan masalahnya.” atau “Menurutku kamu harus segera mendaftar ke program sarjana.” atau teman Anda akan kewalahan dan kesal.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Jangan katakan bahwa Anda “mengerti”. Ini cara lain yang akan dengan cepat membuat teman Anda kesal. Kecuali bila Anda pernah mengalami hal yang sama, Anda tidak boleh mengatakan, “Aku tahu betul bagaimana perasaanmu…” karena teman Anda akan ingin berteriak, “Ini tidak sama!” Orang yang sedang kacau ingin didengarkan, tetapi tidak diberitahu bahwa masalah mereka persis sama dengan masalah orang lain. Baik, bila dia kacau karena putus cinta yang serius dan Anda kebetulan pernah mengalaminya, Anda bisa membicarakan tentang itu, tetapi jangan membandingkan hubungan tiga bulan Anda dengan hubungannya yang berlangsung tiga tahun, atau Anda akan melakukan kerusakan.

Mengatakan, “Aku tidak bisa membayangkan bagaimana perasaanmu.” lebih baik daripada “Aku tahu persis apa yang kamu alami…”

Tentu, mengetahui bahwa ada orang lain yang pernah mengalami situasi yang sama dan bertahan melewatinya bisa membuat teman Anda terhibur, tetapi bila begitu kasusnya, Anda harus mengungkapkannya dengan hati-hati.

Membandingkan diri sendiri dengan teman Anda akan bermasalah karena Anda bisa jadi mengoceh tentang diri sendiri tanpa menyadari apa yang Anda lakukan.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Ketahui bila teman Anda ingin ditinggal sendirian. Sayangnya tidak semua orang yang kacau ingin perhatian atau telinga yang siap mendengarkan. Beberapa orang menghadapi masalah lebih baik bila sendirian, dan beberapa orang mungkin ingin dibiarkan sendiri setelah membicarakan masalahnya. Bila ini kasusnya dengan teman Anda, jangan tinggal bila dia tidak menginginkannya; bila teman Anda mengatakan dia membutuhkan waktu sendiri, kemungkinan dia sungguh-sungguh.

Bila menurut Anda dia dalam bahaya melukai diri sendiri, maka Anda harus tetap tinggal atau cari bantuan, namun bila teman Anda hanya kacau secara umum tetapi tidak benar-benar hancur, mungkin saatnya untuk mundur.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Tanyakan bagaimana Anda bisa membantunya. Begitu Anda bisa membuat dia bicara, tanyakan apa yang bisa Anda lakukan untuk membuat situasinya lebih baik. Mungkin ada solusi konkret dan Anda bisa membantu memperbaikinya, seperti bila teman Anda gagal pada kelas matematika dan Anda kebetulan ahli pada angka dan bisa mengajarinya. Kadang, tidak ada solusi yang bagus, tetapi Anda bisa melakukan hal-hal seperti memberi dia tumpangan atau menghabiskan waktu lebih banyak bersamanya bila dia mengalami putus cinta yang buruk, atau biarkan dia tidur di tempat Anda untuk sementara.

Bahkan seandainya tidak ada yang benar-benar bisa Anda lakukan selain berada di sana, hanya dengan bertanya apa yang bisa Anda lakukan bisa membuatnya tidak merasa sendirian dan mengetahui ada orang yang selalu ada untuknya.

Bila dia merasa bahwa Anda melakukan banyak hal untuknya dan dia merasa tidak enak, ingatkan dia tentang ketika dia ada saat Anda membutuhkan. Itulah artinya teman, bukan?

Melakukan Usaha Lebih

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Buat teman Anda tertawa bila masalahnya tidak terlalu serius. Bila dia tidak sedang mengalami kehilangan besar, maka Anda bisa menghiburnya dengan membuat lelucon atau bertingkah seperti orang dungu. Apabila Anda berusaha membuatnya tertawa terlalu cepat, mungkin tidak akan berhasil baik, tetapi bila Anda menunggu sebentar dan kemudian mulai menghiburnya dengan tawa, mungkin akan berhasil. Tertawa adalah penyembuh terbaik, dan bila Anda bisa membuat lelucon tentang situasi yang tidak menyinggung, atau mengejek diri sendiri untuk mengalihkan perhatiannya, itu bisa memberi bantuan sementara.

Tentu saja, bila teman Anda sangat hancur, humor bukan usaha terbaik Anda.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Alihkan perhatian teman Anda. Hal lain yang bisa Anda lakukan ketika teman sedang kacau adalah membuatnya sesibuk mungkin. Walaupun Anda tidak perlu sampai menyeretnya ke kelab malam atau mengundang dia ke pesta besar di mana semua orang berpakaian seperti pahlawan super favoritnya, namun Anda perlu datang ke rumahnya dengan membawa film dan berondong jagung ukuran besar atau ajak dia berjalan-jalan. Membuatnya tetap sibuk bisa menjauhkan rasa sakit, walaupun awalnya dia menolak. Anda tidak boleh menekan teman untuk sering nongkrong, tapi sadari bahwa teman Anda membutuhkan sedikit dorongan.

Dia mungkin akan mengatakan sesuatu seperti, “Aku tidak mau nongkrong karena aku hanya akan mengganggu suasana…” dan Anda bisa menjawab, “Itu konyol! Aku senang nongkrong denganmu tak peduli apa.”

Teman Anda mungkin bersarang di kamarnya yang mirip gua. Dengan mengajaknya keluar rumah mencari udara segar, walaupun hanya berjalan ke kedai kopi di pinggir jalan, akan bermanfaat untuk dia secara fisik dan mental.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Lakukan kebaikan untuk teman Anda. Bila dia benar-benar kacau, kemungkinan dia mengabaikan tugas dan pekerjaannya sehari-hari. Di situlah Anda bisa membantu. Bila dia lupa makan, bawakan makan siang atau datang dan masak makan malam. Bila dia tidak mencuci selama dua bulan, bawakan detergen. Bila rumahnya sangat berantakan, tawarkan untuk datang dan bersih-bersih. Ambilkan surat-suratnya. Bila dia tidak pergi sekolah, ambilkan pekerjaan rumahnya. Kebaikan kecil ini mungkin tidak tampak besar ketika dia sedang sangat kacau, tetapi bernilai.

Dia mungkin berkata bahwa dia tidak ingin bantuan Anda dan bahwa apa yang Anda lakukan sudah cukup, tetapi Anda harus berkeras bahwa Anda ingin membantu, paling tidak pada awalnya.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Periksa teman Anda. Kecuali bila Anda dan teman Anda memiliki jadwal yang sama, kemungkinan Anda akan melewatkan waktu terpisah. Tetapi bila Anda tahu bahwa dia sangat kacau, maka Anda tidak boleh keluar dari radar sepenuhnya. Anda harus menelepon dia, mengirim pesan teks, atau mampir untuk melihat bagaimana keadaannya dari waktu ke waktu. Meskipun Anda tidak ingin mengganggunya dan mengirim pesan, “Apa kamu baik-baik saja??” setiap tiga detik, Anda harus memeriksanya paling tidak satu atau dua kali sehari bila Anda tahu teman Anda melalui sesuatu yang sangat berat.

Anda tidak perlu mengatakan, “Aku hanya menelepon untuk menanyakan kabarmu.” Anda bisa lebih cerdik, kalau mau, dan buat alasan untuk menelepon, seperti menanyakan apakah dia melihat jaket coklat Anda, dan kemudian ujungnya mengajak dia makan siang. Anda tidak ingin dia merasa seolah Anda mengasuhnya.

Cara Menghibur Teman yang sedang Kacau: 13 Langkah (dengan Gambar)

Ada untuknya. Sering kali, ini adalah hal terpenting yang bisa Anda lakukan ketika berusaha menghibur teman Anda. Jarang sekali Anda bisa menyelesaikan masalah seorang teman atau bahkan menemukan solusi terbaik; kadang, dia harus menunggu atau mencari tahu sendiri. Tetapi apa yang bisa Anda lakukan setiap saat adalah menjadi bahu tempat dia menangis, suara menghibur untuk didengarkan di tengah malam bila dia benar-benar ingin bicara, dan sumber kebaikan, akal sehat, dan kenyamanan. Jangan merasa tidak berarti bila Anda tidak bisa melakukan lebih dari ada di sana untuknya.

Katakan padanya bahwa, apa pun masalahnya, itu akan lebih baik pada waktunya. Ini adalah kenyataan, walaupun awalnya tidak terasa seperti itu.

Usahakan mengosongkan jadwal dan luangkan lebih banyak waktu untuk bersamanya. Dia akan sangat berterima kasih atas usaha yang Anda lakukan untuk membuat dia merasa lebih baik.

The post 13 Cara Menghibur Teman Yang Sedang Kacau appeared first on Masse.ID.



https://ift.tt/S23rxzN
from WordPress https://ift.tt/mUZGx7F

Posting Komentar untuk "13 Cara Menghibur Teman Yang Sedang Kacau"