Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Ikuti Kami Dengan Cara Klik Disini

Penjelasan Mengenai Teks Eksposisi dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Penjelasan Mengenai Teks Eksposisi dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi
Penjelasan Mengenai Teks Eksposisi dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi

Penjelasan Mengenai Teks Eksposisi dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi, Pada pembahasan pelajaran Bahasa Indonesia yang lalu, Galeri Ilmu sudah membahas mengenai teks eksplanasi. Nah kini kita membahas jenis teks yang lainnya yaitu teks eksposisi. Mulai dari pengertian hingga bagaimana langkah menyusun teks ekspoisisi.

Mengutip dari sini, teks eksposisi adalah karangan yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi tentang sesuatu sehingga bisa memperluas pengetahuan pembaca.

Secara sederhana, langkah menyusun teks eksposisi tahapannya adalah sebagai berikut:

  • Menentukan topik.
  • Menentukan tujuan.
  • Mendapatkan data yang sesuai dengan topik.
  • Membuat kerangka karangan.
  • Mengembangkan kerangka karangan menjadi eksposisi.

Oke, apakah sampai di situ kawan-kawan Galeri Ilmu paham? Berikut penjelasan singkat langkah-langkah menyusun teks eksposisi.

Dalam menentukan topik atau tema tentu menjadi hal yang mendasar ketika akan membuat sebuah tulisan, termasuk teks jenis ini. Karena tema ini yang akan kita bahas. Ini sejalan dengan langkah kedua menyusun teks eksposisi yaitu menentukan tujuan.

Tujuan eksposisi nantinya membantu menciptakan batasan permasalahan atau batasa topik. Sehingga, teks berfokus membahas suatu tujuan dengan jelas.

Data menjadi bagian penting dalam suatu tulisan. Data pendukung untuk teks jenis ini bisa kita peroleh dari banyak cara, mulai dari buku hingga website resmi di dunia maya.

Data yang didapat sifatnya harus obyektif, faktual, dan juga aktual, sehingga bisa memberikan informasi yang baik bagi pembacanya.

Nah kemudian tahap akhir prapenulisan teks eksposisi adalah membuat kerangka karangan. Kerangka karangan adalah rencana penulisan karangan dengan cara merangkai ide, gagasan, juga data yang di dapat menjadi suatu alur teks.

Ingat ya kawan-kawan, suatu gagasan dengan gagasan lainnya saling berkesinambungan. Dan data yang didapat juga menguatkan ide serta gagasan dengan runut dan tepat.

Mengutip kompas.com, untuk mengembangkan kerangka dilakukan dengan cara mengubah topik (ide dan gagasan) menjadi suatu kalimat yang jelas. Lalu kita rangkai kalimat-kalimat ide tersebut dengan menambahkan kalimat transisi ataupun kalimat lainnya agar menjadi suatu paragraf yang utuh.

Ciri teks eksposisi yaitu menggunakan gaya bahasa yang bersifat informatif. Sehingga penulisannya harus membuat pembaca mendapatkan informasi dengan baik.

Catat ya teks jenis ini tidak memihak suatu pihak, tidak memancing emosi, dan tidak menggiring persepsi pembacanya untuk memihak sesuatu.

Demikian penjelasan materi Bahasa Indonesia kali ini . Semoga bermanfaat. (*)  Baca Juga Bank Soal Pendidikan beserta Kunci Jawaban lainya Disini

Posting Komentar untuk "Penjelasan Mengenai Teks Eksposisi dan Langkah Menyusun Teks Eksposisi"